Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified
Russian Portuguese English French
German Spain Italian Dutch

Jumat, 14 September 2012

Gile da gan , bakteri penyakit bisa berguna juga .



Bakteri Escherichia coli (E.coli) memiliki "memori" molekuler sederhana yang memungkinkan mereka untuk berenang ke arah sumber makanan yang kaya. Diprakarsai oleh profesor Gerald hazelbauer dari MU Biochemistry, ia melanjutkan penemuan mengenai bagaimana bakteri melakukan hal tersebut.

"Pekerjaan saya dilakukan dengan Julius Adler, ilmuwan pertama yang mempelajari molekul di balik perilaku bakteri. Karyanya mengarah pada penemuan bahwa bakteri memiliki molekul sistem memori yang memungkinkan mereka untuk mengingat masa lalu. Dengan demikian mereka bisa bergerak menuju daerah yang paling menguntungkan," ujar Hazelbauer, seperti dilansir Machineslikeus, Rabu (11/7/2012).

National Institute of General Medical Sciences (NIGMS) baru-baru

ini mengakui kontribusi ilmiah yang dikerjakan oleh Hazelbauer. Atas kontribusinya tersebut, Hazelbauer mendapatkan penghargaan "Method to Extend Research in Time" (MERIT).

Penghargaan itu, yang bernilai sedikitnya USD5,5 juta selama lebih dari 10 tahun, mendukung bagi dirinya untuk melanjutkan penelitiannya tanpa harus mengajukan permohonan dana. Hazelbauer bergabung di MU Biochemistry dengan peneliti lainnya, termasuk istrinya Linda Randall yang juga mendapatkan penghargaan MERIT.

Penghargaan MERIT dimaksudkan untuk mendorong kreativitas dan memungkinkan peneliti untuk mengambil lebih banyak waktu serta mengembangkan teknik baru. Penghargaan tersebut hanya diberikan kepada para ilmuwan yang telah membuktikan diri dengan berhasil dalam setidaknya 10 tahun.

"Ketika saya mulai bekerja sebagai peneliti di akhir 1960, mempelajari perilaku bakteri (memicu) rasa ingin tahu dan sesuatu yang belum terungkapkan," ujarnya.

Lebih jauh dia menegaskan, di dekade sekarang ini, dari hasil penelitian yang dilakukan bersama kelompoknya, telah menumbuhkan pengetahuan baru tentang proses dasar yang digunakan oleh semua makhluk hidup untuk mengenali, mengingat dan merespon perubahan di lingkungan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar